Electric Scooters for Adults Tulsa Oklahoma

Electric Scooters for Adults Tulsa Oklahoma

Bahasa lain Sebutkan perbedaan asam,basa,netral (garam)






tugas IPA tolong bantu jawab​

Sebutkan perbedaan asam,basa,netral (garam)






tugas IPA tolong bantu jawab​

Jawaban:

Teori asam basa Arrhenius dikemukakan oleh Swedia Svante Arrhenius pada tahun 1884 menjadikannya teori pertama yang mengklasifikasikan senyawa menjadi asam dan basa.

Dilansir dari Chemguide, menurut Arrhenius, asam adalah zat yang menghasilkan ion hidrogen (H+) dalam larutan sedangkan basa adalah zat yang menghasilkan ion hidroksida (OH-) dalam larutan.

Asam dan basa dapat bereaksi menghasilkan air dan senyawa ionic garam (bersifat netral, pH mendekati 7), reaksi tersebut disebut dengan reaksi netralisasi. Misalnya reaksi asam sulfat (H2SO4) dan kalium hidroksida (KOH) yang menghasilkan air dan senyawa ionic garam kalium sulfat (K2SO4).

Penjelasan:

Asam memiliki sifat melepaskan ion H+, berasa yang asam, tajam, menyengat, dan mengubah kertas lakmus menjadi merah.

Basa memiliki sifat melepaskan ion OH-, berasa yang pahit, bau khas yang tidak tajam menyengat, dan mengubah kertas lakmus menjadi warna biru.

Sementara netral akan membentuk larutan garam yang mana pH akan mendekati 7. Dalam hal ini ditinjau lagi apakah suatu zat garam cenderung bersifat asam / basa dengan melihat konsentrasi H+ lebih banyak / bersisa atau justru konsentrasi OH- lebih banyak / bersisa.

Terimakasih Kak, semangat terus belajarnya semoga menjadi ilmu yang berguna, aamiin.

[answer.2.content]